Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Jadi Bisa Sambil Kuliah

Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa Jadi Bisa Sambil Kuliah

Seorang mahasiswa memang sudah harus belajar menabung dan mencari penghasilan sendiri. Sudah bukan lagi saatnya membuang-buang uang untuk bersenang-senang. Siapapun yang tengah berada di masa-masa ini perlu belajar bisnis sampingan untuk mahasiswa.

Anda dijamin dapat Mencari uang sekaligus kuliah. Ingat ya tetap harus seimbang antar mencari penghasilan sambil fokus ke pendidikan. Jika tertarik maka silahkan terus baca pembahasan hingga selesai.

Daftar Bisnis Sampingan untuk Mahasiswa

Tidak ada salahnya mencoba banyak bisnis mumpung masih muda. Tentunya modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak untuk berbagai poin yang akan dijelaskan dalam pembahasan ini. Mari langsung bahas saja daftar bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa.

  1. Online Shop

Hampir seluruh produk dan jasa sekarang dapat ditawarkan melalui online shop. Proses menjalankan online shop juga tidak perlu susah-susah buat web. Anda cukup mendaftarkan diri ke berbagai marketplace.

Katakanlah membuka akun olshop di Tokopedia, Lazada, maupun Shopee. Terkait barang dagangan bisa berupa make up share on jar, kosmetik branded share in jar, dan lain-lain. Seandainya punya barang-barang bekas yang masih bagus juga bisa dijual kembali sebagai barang preloved.

Barang preloved sendiri masih banyak peminatnya. Pastikan Anda menjawab chat pelanggan dengan rajin karena akan berpengaruh terhadap penilaian toko. Semakin baik reputasi pembalasan chat maka besar kemungkinan untuk ditawari berbagai program dari marketplace.

  1. Jualan Snack, Makanan Besar, dan Minuman

Ngaku jago masak? Kenapa tidak coba untuk berjualan snack maupun minuman. Anda dapat memulai mendaftarkan menu dan toko jualan Snack dan minuman melalui aplikasi Gojek dan Go-Food.

Kalau suka masak makanan besar pun tidak ada salahnya mencoba memasaknya. Katakanlah doyan sekali dengan rasa pedas maka coba masak seblak dengan berbagai level. Berikan tester kepada teman dan keluarga atau tetangga.

Apabila mereka sebagian besar bilang sudah enak, tidak perlu menunggu lagi segera jualan. Jangan terlalu berpikir kelamaan ini itu karena nanti justru ujung-ujungnya tidak jalan. Lakukan proses penjualan secara konsisten dan nanti Anda bisa merasakan manfaatnya.

  1. Bisnis Desain

Tidak dapat dipungkiri jika kebutuhan akan desain cukup besar, terutama di area perkotaan. Desain yang dimaksud berupa desain logo usaha, banner, pamflet, kaos, tas, dan lain-lain. Pokoknya semua itu memerlukan skill desain menggunakan berbagai software yang sesuai.

Misalkan saja software yang dikembangkan perusahaan Adobe maupun Corel Draw. Anda yang memang skill desainnya udah master, tunggu apalagi langsung tawarkan jasa secara online. Misalkan saja membuka di berbagai situs freelance maupun marketplace.

Coba deh Anda ketikkan jasa desain di berbagai marketplace. Ternyata ada bukan yang juga mencari konsumen di dunia desain dari marketplace. Namun pastikan harga yang Anda tawarkan tetap kompetitif supaya tidak kalah saing dengan toko tetangga.

  1. Bisnis Penerjemahan

Ngerasa punya skill yang jago dalam bidang penerjemahan bahasa asing. Misalkan saja Anda jago berbahasa Indonesia maka bisa membuka bisnis Penerjemahan. Tawarkan melalui dunia online mengenai kemampuan Anda.

Mungkin sempat terpikirkan kalau Google terjemahan sudah ada. Eits, jangan salah paham dulu. Kecerdasan bahasa terjemahan buatan Google tetap masih kalah dibandingkan dengan kecerdasan berbahasa dari manusia yang ahli.

Jadi jangan minder dahulu dengan Mbah Google. Yakinkan diri untuk langsung segera buka usaha sampingan ini. Anda bisa tawarkan diri ke berbagai situs freelance yang tersebar di internet.

Lumayankan kalau pelanggan sudah banyak nanti sehabis lulus bisa diteruskan. Sekalian bisa buat menambah penghasilan sampingan juga di masa depan. Jika Anda bisa memperoleh pelanggan dari kancah internasional bayaran yang diperoleh juga lumayan besar lho.

  1. Jasa Mengajar

Misalkan Anda masuk ke jurusan matematika. Mengapa tidak membuka jasa mengajar privat tentang matematika dan IPA? Lumayankan Anda dapat menerapkan seluruh ilmu yang diperoleh selama belajar dan berbagi dengan orang lain sambil memperoleh penghasilan tambahan.

Hitung-hitung Anda juga bisa sekalian nabung amal jariyah dengan membagikan ilmu. Pertama-tama Anda dapat mencoba untuk bergabung dengan suatu instansi dahulu. Sisanya Anda dapat menawarkan diri di situs freelance juga.

Lebih niat lagi kalau buat brosur yang bagus dan dibagikan ke orang tua anak SD sampai SMA. Kalau harga miring dan kualitas mengajar Anda bagus, orang tua siswa bisa saja jadi merekomendasikan ke temannya juga. Namun memang mengajarkan ilmu perlu kesabaran karena daya tangkap anak berbeda-beda.

Adakalanya kesabaran Anda benar diuji dalam menghadapi siswa tertentu. Namun siswa yang demikian kalau bisa Anda buat sukses dalam belajar, biasanya orang tuanya akan merasa sangat berterima kasih. Banyak dari orang tua sekarang yang keduanya sibuk bekerja sampai kurang ada waktu mengajari anaknya.

Banyak pilihan bukan mengenai bisnis sampingan yang dapat dijalankan mahasiswa. Pengalaman berbisnis ini juga dapat Anda masukkan ke dalam CV lho.


Leave a Reply

Your email address will not be published.